Surga Kecil Lombok di Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah sebuah gugusan pulau kecil yang terletak di barat laut Pulau Lombok. Letaknya berjejer dengan dua gili yang lain, Gili Air dan Gili Meno. Walau luasnya hanya sekitar 6 kilometer persegi tapi jangan memandang pulau mini ini dengan sebelah mata sebab kemahsyurannya sudah menembus dunia internasional.

Untuk mencapai Gili Trawangan tidaklah sulit. Dari pusat kota Mataram, kita cukup menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju dermaga Bangsal. Ada dua rute yang bisa dipilih. Pertama melewati pesisir pantai, di jalur ini kita akan melewati banyak pantai yang ada di barat Pulau Lombok, mulai dari Pantai Batulayar, Senggigi, Kerandangan, Malimbu hingga Nipah sebelum akhirnya tiba di Bangsal.

Di jalur kedua, kita bisa melewati daerah Gunungsari untuk kemudian menyusuri hutan Pusuk. Hutan Pusuk sendiri menawarkan keunikan sebab tempat ini diisi banyak monyet. Bagi yang ingin, kita bisa berhenti sejenak untuk memberi makanan pada monyet-monyet liar sebelum menuju Bangsal.

Setibanya di dermaga Bangsal, kita hanya butuh waktu dua puluh menit untuk sampai di Gili Trawangan dengan menggunakan perahu motor. Tak usah khawatir soal kendaraan yang kita bawa, sebab di Bangsal ada banyak tempat penitipan kendaraan yang bisa kita pilih.

Pantai dan keindahan laut di sekeliling Gili Trawangan jelas menjadi daya tarik utama. Pantainya yang landai serta lautnya yang jernih menjadikan pulau ini sebagai destinasi favorit untuk wisata air. Berjemur di pantai, bermain kano, berselancar, snorkeling atau scuba diving jadi opsi buat menyusuri keindahan lautnya yang eksotis dengan jejeran terumbu karang dan ikan-ikan nan cantik.

Pecinta fotografi pasti menyukai destinasi yang satu ini. Sebab disini, kita bisa menikmati sunrise di pinggir pantai. Asik bukan? Ya, karena pulau ini memiliki spot cantik disisi timurnya sehingga mata takkan sanggup berkedip lama untuk kehilangan momen indah kala matahari mulai beranjak dari peraduan.

Tak cuma itu, Gili Trawangan pun menawarkan sebuah spot menarik untuk pecinta senja. Di sebelah barat pulau ini terdapat area yang membuat kita bisa menikmati salah satu senja terbaik di muka bumi. Senja keemasan yang pastinya memikat setiap mata untuk menjejakkan kaki disini.

Sebenarnya ada eksotisme lain yang bisa dinikmati di pulau ini walau tak setiap hari. Wujudnya berupa bulan purnama. Suara debur ombak, angin laut yang tak henti berhembus akan terasa semakin romantis tatkala bulan sedang berada dalam bentuk sempurnanya. Kilauan cahayanya meninggalkan bias yang begitu mempesona diatas permukaan air laut. Suatu momen yang tak ingin dilewatkan siapapun.

Satu kelebihan lain Gili Trawangan adalah rendahnya polusi kendaraan. Sebab pemerintah lokal melarang kendaraan bermotor untuk beroperasi di tempat ini. Hanya cidomo, transportasi tradisional khas Lombok dan sepeda yang tersedia bagi wisatawan buat mengelilingi pulau. Dengan cidomo maupun sepeda, kita bisa menyusuri Gili Trawangan dari ujung ke ujung.

Kita juga tak perlu khawatir soal urusan kuliner. Sebab di sepanjang pantai dan jalan yang tersedia, kita bisa menjumpai banyak bar dan tempat makan yang menjajakan makanan khas Lombok maupun menu-menu internasional seperti spaghetti dan pizza plus pesta di sepanjang malam.

Tunggu apalagi? Ayo langkahkan kakimu untuk menikmati surga kecil di Lombok ini.

(foto: @zulfikaralex)

Leave a Reply