Nihiwatu, Hotel Terbaik Dunia di Pulau Sumba

Resort Nihiwatu yang terletak di Pulau Sumba terpilih sebagai hotel terbaik di dunia dari majalah wisata Travel and Leisure dalam pemilihan World’s Best Travel Awards 2016.

Nihiwatu mengalahkan deretan hotel bergengsi di AS, Selandia Baru, Australia, serta Ekuador dan Cile. Prestasi ini cukup bergengsi di kalangan pelaku industri pariwisata dunia.

Dapatkan paket liburan hemat dengan destinasi terlengkap ke Sumba bersama Fun Adventure. Booking dan lihat detailnya di sini.

Apa yang membuat Nihiwatu menjadi yang terbaik dibanding hotel-hotel bergengsi penjuru dunia lainnya?

Nihiwatu terletak di Desa Hobawawi, Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hotel ini menggabungkan kemewahan dengan unsur budaya lokal. Nihiwatu punya vila tiga kamar berbentuk rumah pohon, terletak di atas tebing, dan menghadap langsung Samudera Hindia.

Nihiwatu terpilih sebagai World’s Best Travel Awards 2016
View pantai dan Samudera Hindia dari Resort Nihiwatu

Satu hal yang paling membedakan Nihiwatu dengan hotel-hotel lainnya adalah kegiatan social responsibility yang dilakukan pihak hotel bersama para tamunya.

Sebagian dari keuntungan Nihiwatu disumbangkan ke Sumba Foundation yang dipelopori oleh pendiri Nihiwatu, Claude Graves dan Sean Downs pada 2001. Di Nihiwatu, 90 persen pekerjanya adalah warga lokal Sumba.

Nihiwatu menawarkan suasana alam dan budaya lokal khas Sumba
Menikmati sajian khas Sumba dengan pemandangan pantai di Nihiwatu

Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan pun cukup beragam, mulai dari paket safari spa seharian penuh sampai eksplorasi pulau. Wisatawan bisa trekking menuju beberapa air terjun, pesawahan yang indah, dan desa adat.

Occy’s Left merupakan private beach sekaligus spot surfing ternama di kalangan peselancar profesional yang menuju Nihiwatu. Tempat berselancar ini sangat sepi dan jauh dari keramaian seperti di Bali.

Interior di salah satu sudut Resort Nihiwatu
Nihiwatu memadukan budaya lokal dengan keindahan alam khas Sumba

Bersama staf profesional yang terlatih, para tamu di Nihiwatu bisa memancing di laut lepas, snorkeling, juga spearfishing. Saat sunset, tamu akan diajak menikmati terbenamnya matahari dengan naik kuda di pesisir pantai.

Berapa tarif menginap di Nihiwatu? Harga per malamnya mulai dari 650 dollar AS (Rp 8,5 juta) untuk One Bedroom Villa sampai 12.000 dollar AS (Rp 157 juta) untuk Five Bedroom Estate. Namun saat high season Juni-Oktober dan Desember-Januari, harganya bisa naik dua kali lipat.

Keindahan Nihiwatu juga bisa dilihat pada video berikut ini.

Ingin liburan ke Sumba?

Dapatkan paket liburan hemat dengan destinasi terlengkap ke Sumba bersama Fun Adventure. Booking dan lihat detailnya di sini.

Leave a Reply