Gili Meno, Si Kecil Eksotis di Tiga Gili

Gili Meno adalah satu dari tiga gili terkenal yang ada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau mini ini letaknya diapit oleh Gili Trawangan dan Gili Air. Dibanding dua gili lain, luas wilayah pulau ini merupakan yang paling kecil, cuma tiga kilometer persegi. Namun soal pesona, Meno juga juara.

Sama seperti Gili Trawangan, untuk sampai ke tempat ini kita mesti berangkat via pelabuhan Bangsal. Namun tak seperti Trawangan, jumlah keberangkatan perahu motor dari dan ke Meno cenderung lebih sedikit.

Meno Wall, Sea Point Penyu dan Point Coral Blue adalah titik-titik menyelam terbaik disini. Kita bisa menyaksikan keindahan karang serta penyu-penyu yang berenang dengan asyiknya. Beberapa jenis ikan cantik pun bisa kita jumpai hilir mudik di sepanjang lautnya. Atraksi alam yang pastinya memikat mata.

Di Gili Meno kita juga bisa melihat tempat penangkaran penyu. Kita bisa menyaksikan puluhan bahkan ratusan tukik, anakan penyu, yang dikembangbiakkan di beberapa kolam sesuai dengan umur mereka. Tukik-tukik inilah yang nantinya dilepas di sepanjang pantai ketika dianggap sudah cukup umur.

Tempat lain yang bisa didatangi di pulau ini adalah Taman Burung Meno. Taman Burung ini memiliki koleksi beraneka macam burung serta hewan-hewan lain seperti Rusa dan Buaya. Walau tak begitu luas, namun lebih dari cukup untuk dijadikan wisata edukasi.

Selain eksotisme diatas, Meno juga memiliki sebuah danau air payau yang lokasinya di sebelah barat pulau. Kita hanya perlu menyusuri jalanan setapak di perkampungan warga untuk sampai di danau ini. Di musim kemarau, danau ini bisa menghasilkan garam yang seringkali dimanfaatkan penduduk lokal.

Pulau ini juga melarang keberadaan kendaraan bermotor. Untuk mengelilingi pulau, kita cukup berjalan kaki atau mengendarai cidomo, angkutan tradisional khas Lombok.

Namun perlu diingat, bagi kita yang berwisata di Meno, sebaiknya tak berekspektasi bahwa Trawangan dan Meno sama. Sebab, fasilitas di Meno tak selengkap di Trawangan. Namun disisi lain, ini juga membuat Meno menawarkan ketenangan yang lebih dibanding Trawangan. Sehingga tempat ini kerapkali dijadikan lokasi bulan madu bagi para pengantin baru.

Kurang apalagi? Segera kunjungi pulau ini untuk menikmati keindahannya.

(foto: mahamayaresort)

Leave a Reply