Desa Sade, Wujud Kearifan Lokal Sasak

Bosan dengan wisata alam di Lombok? Nah, kita bisa mencoba untuk berkunjung ke tempat yang satu ini. Desa Sade terletak di kawasan Rembitan, Lombok Tengah. Untuk tiba disini, kita harus menghabiskan waktu kurang lebih sekitar satu jam dari kota Mataram dengan kendaraan bermotor.

Di desa ini, kita bisa melihat langsung kehidupan tradisional masyarakat Sasak. Jangan bayangkan rumah-rumah megah disini sebab sejauh mata memandang, bentuk rumah yang ada disini mayoritas sama. Rumah berdinding bedek bambu dengan atap dari jerami.

Yang paling menarik adalah lantai rumah yang berupa tanah, pada waktu-waktu tertentu akan dilumuri dengan kotoran kerbau atau sapi. Menjijikkan? Mungkin bagi sebagian orang begitu, namun menurut kepercayaan penduduk lokal, hal ini dilakukan untuk membuat lantai tanah tersebut makin padat dan kuat sehingga tak mudah pecah, tak terkena debu serta bisa mengusir serangga. Menarik bukan?

Disini kita juga bisa melihat berugak (gazebo) untuk bersantai dan bercengkerama bersama keluarga serta tetangga yang atapnya berbentuk lumbung terbuat dari jerami dan digunakan untuk menyimpan padi.

Kita juga dapat menyaksikan bagaimana pembuatan kain tenun khas Sasak disini. Menurut beberapa penenun, satu kain bisa mereka selesaikan dalam jangka waktu tiga sampai enam minggu, tergantung pada tingkat kesulitan.

Jangan pula khawatir tak bisa membawa buah tangan dari desa ini sebab penduduk lokal juga menjual beraneka cenderamata selain kain tenun tadi seperti gelang dan kaos.

Sebuah tempat wisata edukasi yang menarik bukan? So, jangan sampai terlewatkan bila berkunjung ke Lombok!

(foto: yukpegi)

Leave a Reply